Saturday, January 11, 2020

Natural Language Processing


Natural Languange Processing (NLP) atau bisa juga disebut dengan Pemrosesan Bahasa Alami, adalah cabang ilmu komputer dan linguistik yang mengkaji interaksi antara komputer dengan Bahasa alami manusia.

Konsep NLP mulai dibahas oleh Alan Turing di tahun 1950-an, ia mengembangkan sebuah tes sederhana untuk menentukan apakah mesin dapat meniru cara manusia berbicara secara meyakinkan atau tidak. Contoh nyata yang dapat dilihat saat ini yaitu Siri, Alexa dan Google Assistant, asisten virtual ini dapat memahami kalimat yang kita ucapkan dan menjalankan fungsi dari perintah yang kita ucapkan.

Teknologi NLP dapat berjalan karna adanya Machine Learning (ML). ML adalah proses dimana komputer menganalisis data dalam jumlah besar untuk mencari suatu pola sehingga mereka dapat memahami data tersebut sebagaimana manusia memahaminya.

1. Phonetic
Phonetic atau dalam Bahasa Indonesia sering disebut fonetik merupakan salah satu ilmu yang menjelaskan bagaimana suatu bunyi bisa dihasilkan manusia dengan benar, sedangkan pada fonologi sendiri merupakan ilmu berdasarkan fonetik dan mempelajari apa itu sistem fonetik.

2.  Sintaks
Sintaks merupakan kumpulan aturan yang mendefinisikan suatu bentuk Bahasa. Sintaks mendefinisikan bagaimana suatu kalimat dibentuk sebagai barisan / urutan dari pemilihan suatu kata dasar. Kata bukan merupakan sesuatu yang mendasar. Kata dikonstruksikan dengan karakter – karakter alfabet. Dengan menggunakan aturan ini maka suatu kalimat dapat dikatakan illegal atau legal.

3. Grammar
Grammar terdiri dari sebuah set Batasan – Batasan yang membuat kita dapat menentukan bahwa sebuah kalimat memiliki bentuk yang benar. Secara sederhana, grammar merupakan sebuah aturan untuk merangkai kata hingga menghasilkan makna agar dapat dipahami oleh pembaca atau pendengar.

4. Semantic
      Mempelajari arti / makna yang terkandung pada suatu Bahasa, kode, atau jenis representasi lain. Dengan kata lain, semantik adalah pembelajaran tentang makna. Semantik biasanya dikaitkan dengan dua aspek lain, sintaksis pembentukan simbol kompleks dari simbol yang lebih sederhana, serta prakmatika penggunaan praktis simbol oleh komunitas pada konteks tertentu.

Sunday, November 10, 2019

Sistem Pakar Pemeriksaan Kesalahan Pencatatan Keuangan


Kecerdasan Buatan

Kecerdasan buatan adalah kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau bisa disebut juga Intelegensi Artifisial atau disingkat AI, didefinisikan sebagai entitas ilmiah. Sistem seperti ini biasanya dianggap komputer, kecerdasan diciptakan dan dimasukkan kedalam suatu mesin agar dapat menjalankan suatu pekerjaan seperti manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan diantaranya Sistem Pakar, Permainan, dan Robotika.

Kecerdasan Buatan, merupakan sub bidang pengetahuan komputer yang khusus ditujukan untuk membuat Software dan Hardware yang sepenuhnya bisa menirukan beberapa fungsi otak manusia. Kecerdasan Buatan dapat dipandang dari sudut pandang, antara lain :

1. Sudut Pandang Pengguna
  • Kecerdasan buatan akan membuat mesin menjadi cerdas, mampu berbuat, melakukan, ataupun mengerjakan sesuatu sesuai seperti yang manusia lakukan.
2. Sudut Pandang Penelitian
  • Kecerdasan buatan adalah suatu studi bagaimana membuat agar komputer dapat melakukan sesuatu sebaik yang manusia kerjakan.

Awal Mulai Kecerdasan Buatan
Pada awal abad 17, René Descartes mengemukakan bahwa tubuh hewan bukanlah apa-apa melainkan hanya mesin-mesin yang rumit. Blaise Pascal menciptakan mesin penghitung digital mekanis pertama pada 1642. Pada 19, Charles Babbage dan Ada Lovelace bekerja pada mesin penghitung mekanis yang dapat diprogram.
Bertrand Russell dan Alfred North Whitehead menerbitkan Principia Mathematica, yang merombak logika formal. Warren McCulloch dan Walter Pitts menerbitkan "Kalkulus Logis Gagasan yang tetap ada dalam Aktivitas " pada 1943 yang meletakkan fondasi untuk jaringan saraf.
Tahun 1950-an adalah periode usaha aktif dalam AI. Program AI pertama yang bekerja ditulis pada 1951 untuk menjalankan mesin Ferranti Mark I di University of Manchester (UK): sebuah program permainan naskah yang ditulis oleh Christopher Strachey dan program permainan catur yang ditulis oleh Dietrich Prinz. John McCarthy membuat istilah "kecerdasan buatan " pada konferensi pertama yang disediakan untuk pokok persoalan ini, pada 1956. Dia juga menemukan bahasa pemrograman Lisp. Alan Turing memperkenalkan "Turing test" sebagai sebuah cara untuk mengoperasionalkan test perilaku cerdas. Joseph Weizenbaum membangun ELIZA, sebuah chatterbot yang menerapkan psikoterapi Rogerian.

Rencana Sistem Pakar
Sistem pakar seperti apa yang akan dibuat ? Sistem yang akan dibuat yaitu, sistem yang akan membantu user saat proses penginputan data baru kedalam database. Jika saat proses penginputan terdapat kesalahan maka sistem pakar akan segera memberi tau user bahwa terdapat kesalahan data. Sistem pakar yang direncanakan seperti assistant virtual yang mana membantu proses penginputan data yang dilakukan user agar data tersebut sesuai dengan yang user input. Sistem pakar akan mulai bekerja saat user membuka aplikasi, saat proses login user, pembuatan user baru hingga jika suatu saat kita lupa password kita, akan dibantu oleh sistem pakar tersebut. Setelah user berhasil login dan ingin membuat data baru maka sistem pakar juga akan membantu memantau data baru tersebut agar tidak terdapat kesalahan penginputan hingga kita selesai mengedit data tersebut.

Wednesday, October 9, 2019

Bisakah Mesin Berpikir ?



Pertanyaannya jika mesin bisa berpikir sebenarnya sangat tidak jelas. Benar-benar tidak jelas apa artinya berpikir. Sebagai manusia, kita tidak dapat mendefinisikan apa yang manusia pikirkan karna pikiran manusia berbeda – beda.


Sebagai manusia sudah tentu kita dapat berpikir dengan sendirinya. Tapi bagaimana dengan mesin? Mesin baru dapat berpikir jika kita memberinya suatu program yang dapat membuatnya berpikir. Mesin baru akan berpikir jika kita memberinya instruksi untuk melakukan  suatu hal. Seperti misal, Google Assistant dan Siri keduanya dapat berpikir apa yang kita perintah jika kedua AI tersebut sudah di program sedemikian rupa.

Google Assistant dan Siri dapat melakukan suatu hal seperti perhitungan, pengingat, jadwal dan lain halnya karna kedua AI tersebut sudah dibuat agar dapat memahami perintah apa yang kita berikan.


Jadi, jika ditanyakan bisakah mesin berpikir? Menurut penulis dari beberapa referensi yang sempat dibaca jawabannya bisa tidak bisa iya. Kenapa? Karna seperti yang sudah dijelaskan, mesin baru akan dapat berpikir jika sudah kita program agar mesin tersebut memahami perintah apa yang diberikan. Jika tidak kita program maka mesin tidak akan paham apa yang kita perintahkan kepada kedua AI tersebut.


Dibawah diberikan satu video yang menggambarkan suatu AI dapat memahami perintah yang diberikan.


Sumber Video : Disini

Dari video diatas terlihat ada beberapa perintah yang tidak dimengerti atau salah dimengerti AI tersebut karna AI tersebut belum di program agar dapat memahami perintah yang kita berikan.


Thursday, August 15, 2019

Kekurangan Dan Kelebihan Beberapa Bahasa Program


Beberapa Perbedaan Bahasa Program - Saat ini terdapat banyak sekali bahasa pemrograman. Mulai dari C, C++, C#, Visual Basic, Phyton, Dan lainnya.

Mungkin artikel ini hanya akan membahas sedikit dari beberapa bahasa pemrograman yang ada.

1. Bahasa C

- Kelebihan
  1. Tersedia dibanyak OS komputer
  2. Bahasa C fleksibel untuk semua jenis komputer
  3. Proses eksekusi program tergolong cepat
  4. Bahasa yang terstruktur
  5. Termasuk bahasa tingkat menengah
- Kekurangan
  1. Pointer tergolong rumit bagi pemula
  2. fleksibilitas penulisan terkadang membingungkan

2. Bahasa C++

- Kelebihan
  1. Induk dari bahasa Perl, PhP, Phyton, Visual Basic, C#
  2. Compiler C++ terdapat disemua platform
  3. Bahasa program yang berorientasi objek
- Kelemahan
  1. Cukup sulit dipahami dan dipelajari bagi pemula
  2. Seperti C bahasa C++ pointer tergolong rumit bagi pemula

3. Bahasa Pascal

- Kelebihan
  1. Tipe data pada pascal standar seperti Boolean, Integer, Char, Real, dan String
  2. Terstruktur, sehingga memungkinkan penulisan program menjadi fungsi - fungsi kecil
  3. Memiliki struktur bahasa yang tergolong mudah dipahami
- Kekurangan
  1. Kurang cocok untuk bisnis, karna dukungan database yang sedikit
  2. Sintaks terlalu bertele - tele
  3. Tidak objek orientasi

4. Bahasa Basic

- Kelebihan
  1. Tergolong bahasa yang serbaguna sehingga dapat dipakai diberbagai macam aplikasi
  2. Perintah pada VB.net sangat lengkap
  3. Kita dapat langsung men - design UI aplikasinya
- Kelemahan
  1. Bahasa kurang terstruktur
  2. Tidak cocok untuk aplikasi aplikasi yang besar
  3. Bahasa yang digunakan pada DOS
  4. Sering menjadi targer virus

5. Bahasa Cobol

- Kelebihan
  1. Dibuat dengan Bahasa Inggris, sehingga mudah dalam pengoperasiannya
  2. Sifat standar, sehingga memungkinkan penggunaan dibanyak komputer berbeda
  3. Mudah didokumentasikan sehingga mudah dikembangkan
- Kekurangan
  1. Struktur program yang sangat tidak fleksibel

Setelah membahas kelebihan dan kekurangan beberapa bahasa program yang ada, sekarang ada video yang menjelaskan bagaimana perbedaan dalam penulisan program dibeberapa bahasa program yang berbeda.

Sumber Video   : Disini
Sumber Music  : Disini

Wednesday, August 14, 2019

Lebih Penting Mana ?


Hardware Software Atau Brainware ? - Setelah membaca 3 postingan sebelumnya tentang Hardware Software dan Brainware timbul pertanyaan. Lebih penting manakah? Hardware kah? Software kah? atau Brainware?.

Jika melihat penjelasan singkat tentang ketiganya yaitu.

  1. Yang pertama yaitu Hardware, atau bisa disebut perangkat keras. Yaitu alat yang dapat dilihat secara kasat mata.
  2. Yang kedua yaitu Software, atau bisa juga disebut perangkat lunak. Yaitu program aplikasi yang berguna untuk menjalankan komputer.
  3. Yang ketiga yaitu Brainware, yaitu user atau pengguna. User berfungsi sebagai orang yang menjalankan suatu komputer.

Mungkin akan ada yang beranggapan Hardware lebih penting, Software lebih penting, atau mungkin Brainware lebih penting ?

Jawabannya tidak ada yang tidak penting dan juga tidak ada yang ter-penting. Kenapa? karna ketiga komponen tersebut penting semua. Mungkin ada yang tidak setuju dengan pernyataan ini tapi begini penjelasannya.

1. Tanpa Hardware
Misalkan kita sebagai user ingin mengolah data skripsi yang akan kita kerjakan, format penyimpanan dokumen kita berupa "docx" yang berarti kita harus mengolah data di Microsoft Word. Saat kita ingin mengerjakan skripsi tersebut, Brainware sudah ada karna kitalah Brainware-nya dan Software yang ingin gunakan yaitu Microsoft Word, lalu ternyata kita tidak ada Hardware-nya. Lalu, cara kita mengerjakan skripsi tersebut bagaimana?

2. Tanpa Software
Selanjutnya tanpa Software, misalkan kita ingin mengedit suatu video di program aplikasi. Semua sudah lengkap, tapi saat kita ingin mengedit ternyata program aplikasi edit video tidak tersedia di komputer kita. Lalu, gimana cara kita mengedit video tersebut?

3. Tanpa Brainware
Misalkan kita memiliki database barang digudang, lalu suatu ketika ada barang baru yang belum kita input kedalam database tersebut. Tentu program aplikasi tidak bisa memasukkan data baru sendiri tanpa adanya bantuan dari user sebagai Brainware nya.

Tuesday, August 13, 2019

Brainware


Brainware - Sebelumnya sudah membahas Hardware dan Software, maka sekarang kita akan membahas tentang Brainware.

Agar tidak lupa lagi maka akan diberikan penjelasan singkatnya.

  1. Yang pertama yaitu Hardware, atau bisa disebut perangkat keras. Yaitu alat yang dapat dilihat secara kasat mata.
  2. Yang kedua yaitu Software, atau bisa juga disebut perangkat lunak. Yaitu program aplikasi yang berguna untuk menjalankan komputer.
  3. Yang ketiga yaitu Brainware, yaitu user atau pengguna. User berfungsi sebagai orang yang menjalankan suatu komputer.

3. Brainware
Brainware merupakan otak dari Hardware dan Software yaitu user atau pengguna. Pengguna disini berarti manusia yang mengoperasikan si komputer tersebut.
Tanpa adanya Brainware maka komputer tidak akan dapat dijalankan, karna user-lah yang mengatur si komputer apa yang dibutuhkan untuk dikerjakan oleh komputer. "Tapi, kan sekarang semua sudah serba otomatis?", mungkin ada yang beranggapan seperti itu tapi tetap tanpa user maka komputer tidak dapat dijalankan. Karna, mau bagaimanapun juga komputer tidak dapat menginput data baru yang belum ada didalam komputer tersebut. Misalkan kita akan meng-update data barang  yang baru masuk, maka Brainware dalam hal ini user akan menginput data baru kedalam komputer entah dengan cara scan ataupun input manual. Dan jika sudah masuk data barang tersebut kedalam komputer, maka barulah komputer dapat bekerja sesuai dengan perintah yang diberikan oleh user ke komputer.

Software


Software - Sebelumnya sudah membahasa tentang Hardware, maka sekarang akan membahas tentang Software.

Sebagai pengingat lagi penjelasan singkat tentang Hardware, Software dan Brainware yaitu : 

  1. Yang pertama yaitu Hardware, atau bisa disebut perangkat keras. Yaitu alat yang dapat dilihat secara kasat mata.
  2. Yang kedua yaitu Software, atau bisa juga disebut perangkat lunak. Yaitu program aplikasi yang berguna untuk menjalankan komputer.
  3. Yang ketiga yaitu Brainware, yaitu user atau pengguna. User berfungsi sebagai orang yang menjalankan suatu komputer.

2. Software
Software jika diartikan menjadi perangkat lunak. Software merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Hardware atau perangkat keras. Jika diartikan secara umum Software merupakan sekumpulan data elektronik yang tersimpan dan diatur oleh komputer yang berupa program untuk menjalankan suatu perintah. Software merupakan unit yang tidak dapat kita pegang secara nyata karna tidak memiliki wujud asli, yang berarti software hanya dapat kita lihat didalam suatu komputer saja. Software memiliki beberapa klasifikasi yaitu diantaranya :


  1. Sistem Operasi
  2. Program Utilitas
  3. Program Aplikasi
a. Sistem Operasi
Beberapa sistem operasi yang banyak dikenal diantaranya yaitu Mac OS, Windows, dan Linux. Sistem operasi merupakan salah satu bagian terpenting, karna tanpa adanya sistem operasi atau OS maka komputer tidak akan bekerja dengan semestinya. 





b. Program Utilitas
Program Utilitas merupakan program tambahan yang berguna untuk mendukung suatu aktifitas yang kita lakukan dikomputer. Beberapa diantara program utilitas adalah backup data, pemulihan data, anti virus dan kompresi data.

Backup data, merupakan aktifitas menduplikat data yang kita miliki yang kemudian disimpan ditempat lain yang bertujuan untuk berjaga - jaga jika suatu ketika data tersebut terhapus permanen, rusak dan yang lainnya.

Pemulihan data, merupakan aktifitas mengembalikan data yang mungkin telah hilang secara tidak sengaja, terkena virus, atau telah berubah dan kita ingin data tersebut kembali seperti semula.

Anti virus, adalah program tambahan yang bertujuan untuk melindungi komputer kita dari serang virus entah virus itu datang dari internet atau karna flash disk yang kita colok kekomputer kita ataupun karna kesalahan dari kita sendiri. Contoh anti virus yang beredar saat ini yaitu Smadav, McAfee, Norton, dan masih banyak lagi.

Kompresi data, adalah suatu aktifitas memperkecil ukuran dari file yang dikita anggap terlalu besar. Yang bertujuan agar dapat menghemat space yang kita miliki.

c. Program Aplikasi
Merupakan suatu program yang dibuat untuk mengerjakan suatu tugas entah itu mengolah data, presentasi, editing video, media player dan sebagainya. Beberapa contoh program aplikasi yaitu.

1. Microsoft Word untuk mengolah data dalam bentuk pengolahan kata
2. Microsoft Excel untuk mengolah data dalam bentuk angka
3. Microsoft Powerpoint untuk melakukan presentasi
4. Adobe Premiere untuk mengedit video
5. Microsoft Access untuk mengolah data dalam bentuk database
6. Dan masih banyak yang lainnya