Apa itu SEO, SEM, SMM, dan SMO?

Thursday, November 22, 2018

Apa itu SEO, SEM, SMM, dan SMO?


Dalam dunia digital merketing, SEO menjadi salah satu cara yang sellau ditempuh untuk melancarkan strategi marketing. SEO, SEM, SMM dan SMO telah memegang peranan penting dalam penentuan peringkat pada mesin pencari.

Dengan melakukan optimasi SEO, SEM, SMM dan SMO maka hal itu akan membantu website milik anda berada pada halaman pertama dalam mesin pencari, bahkan menjadi peringkat pertama. Untuk mendapatkan hal tersebut, bukan hanya sekedar melakukan optimasi terhadap SEO, SEM, SMM dan SMO. Namun tetap diperlukan strategi marketing yang tepat untuk membuatnya menjadi semakin terarah dan tepat sasaran


  • Pengertian SEO
SEO singkatan dari "Search Engine Optimization". SEO merupakan sebuah proses untuk memengaruhi tingkat keterlihatan sebuah website pada hasil pencarian. Dengan SEO, Google akan menampilkan website kita saat pengguna internet mencari sesuatu yang berhubungan dengna website kita. Sehingga website kita akan tampil di halaman pertama Google. Untuk mendapati SEO berjalan mulus, maka dibutuhkan suatu keyword unik yang minim pesaing. Sehingga kita perlu melalukan riset keyword untuk mendapatkan keyword yang pantas dan tepat untuk website kita.

  • Pengertian SEM
SEM singkatan dari "Search Engine Marketing". SEM merupakan teknik digital marketing yang berhubungan dengan SEO, riset, submit, dan posisi dari sebuah situs web pada hasil pencarian Google untuk meningkatkan jumlah pengunjung. SEM memiliki jangkauan yang lebih luas dibandingkan SEO. Dalam optimasi SEM dibutuhkan riset keyword, analisa kompetitif, serta posting berbayar untuk memperoleh traffik yang tinggi. Melalui SEM kita akan mendapatkan pengunjung yang lebih tertarget menuju website kita.

  • Pengertian SMM
SMM singkatan dari "Social Media Marketing". SMM merupakan salah satu bentuk digital marketing yang memanfaatkan media sosial sebagai alat pemasarannya. SMM bertujuan untuk menghasilkan konten dimana penggunanya akan berbagi melalui jejaring sosialnya untuk membantu meningkatkan dan memerluas jangkauan pelanggan. Bisa dikatakan melalui SMM ini akan mendongkrak nilai jual bisnis online milik kita melalui media sosial.


  • Pengertian SMO
SMO disingkat dari "Social Media Optimization". SMO merupakan salah satu metode yang digunakan untuk mengikatkan traffik yang tertarget menuju website melalui aktivitas media sosial. SMO menjaid salah satu cara SMM untuk menarik pengunjung melalui aktivitas media soaial. SMO melibatkan media soaial, blogging, sharing, foto atau video, serta RSS feed. Media yang digunakan untuk optimasi SMO seperti Facebook, Twitter, dan Instagram sebagai sumber trafik sekaligus backlink.

Referensi